Cara Mengetahui Perbedaan Memory Card (MicroSD) Palsu atau Asli

Posted by

Cara Mengetahui Perbedaan Kartu Memory Palsu dengan Asli - MMC atau Memory Card memang memiliki peran yang begitu penting, selain bisa menyimpan data memory external kartu memory card juga bisa menyimpan data dari memory internal di smartphone android. Maka dari itu kita harus mengetahui kualitas, daripada memory card, kualitas tersebut bisa kita lakukan dengan membeli memory card yang asli bukan palsu. 

Berbicara mengenai produk smartphone, dewasa ini memang begitu banyak produk aksesoris yang tersedia dan dijual di pasaran. Aksesoris seperti Charger, Headset, MicroSD bisa kamu dapatkan di berbagai counter smartphone. Nah, dengan begitu mudahnya didapat, kamu sebagai konsumen juga harus waspada, jangan sampai tertipu membeli produk palsu alias abal-abal, mengingat hal seperti ini sudah banyak kasusnya.


Untuk mencegah dan meminimalisir kamu bisa baca artikel yang akan droidtuanku bahas pada kesempatan kali ini yaitu cara membedakan microsd card palsu dan asli. Untuk membedakan produk mana yang asli atau palsu tidak sulit, cuma dibutuhkan pengetahuan saja. Silahkan kamu simak apa saja yang perlu kamu perhatikan sebelum membeli MicroSD Card Asli.

Cara Mengetahui Perbedaan Memory Card (MicroSD) Palsu atau Asli

Cara Mengetahui Perbedaan Memory Card External Palsu dan Asli

1.  Cek Keaslian SDCard dengan SD Insight

Cara yang paling mudah mengtahui keaslian Micro SD adalah dengan menggunakan SD Insight, aplikasi yang dikembangkan oleh humanlogic bisa kamu dapatkan di google playstore. Tingkat keakuratan dari Aplikasi Cek Keaslian MicroSD yang satu ini juga sangat bagus. Karena SD Insigh bisa memberikan informasi mengenai tanggal pembuatan, model microSD, produsen pembuat, dan nomor serial. 

Cara kerja atau cara menggunakan aplikasi sd insight juga tidak sulit, kamu hanya cukup download sd insight lalu menginstallnya di smarphone android. Nah, jika microsd card kamu terbaca, maka microsd card tersebut adalah asli, namun jika tidak terdeteksi maka MicroSD Palsu.

2. Cek Fisik MicroSD 

Mengtahui MicroSD Palsu atau Asli dengan cara mengecek fisiknya secara langsung memang agak sulit buat kamu yang masih awam. Namun, jika kamu lebih teliti pasti tahu, karena pada microsd palsu biasanya terlihat dari kemasan dan segel yang tidak rapi serta kualitas microsd yang terlihat gampang rusak. 

Untuk mengetahui Cara Cek MicroSD Asli biasanya dikemas dengan sticker yang ditempel serta memiliki merek. Nah, pastikan sticker dan juga merek microsd tertempel, bukan sticker saja, jadi pastikan kembali microsd kamu asli atau abal abal.


3. Cek Kecepatan Transfer Data
Perlu kamu ketahui bahwa Micro SD memiliki kecepatan transfer data yang berbeda. Ada class – class tertentu yang membedakan kecepatan transfer dari Micro SD itu sendiri. Jika misalnya, kamu membeli Micro SD yang tertera Class 10 maka kecepatan data harus mencapai 10MB/detik atau 66 Kali. Namun jika kecepatan transfer data tidak sesuai dengan class yang ada, maka Micro SD tersebut patut untuk di curigai. Untuk lebih jelas mengenai kecepatan data, kamu bisa lihat penjelasnnya dibawah ini.

- Class 2 : kecepatan tulis 2MB/detik atau 13 Kali
- Class 4 : kecepatan tulis 4MB/detik atau 26 Kali
- Class 6 : kecepatan tulis 6MB/detik atau 30 Kali
- Class 8 : kecepatan tulis 8MB/detik atau 40 Kali
- Class 10 : kecepatan tulis 10MB/detik atau 66 Kali

Untuk Micro SD terbaik saat ini adalah Class 10 dengan kecepatan transfer data hingga 10 MB/s. Dengan kecepatan data yang tinggi tersebut, pengguna bisa memutar video kualitas HD dengan kualitas yang sangat baik dan lancar. Adapun transfer data melalui PC akan lebih cepat dan optimal.

Itulah 3 Cara Cek MicroSD Card Asli atau Palsu semoga bisa bermanfaat dan terimkasih atas kunjungannya.


Blog, Updated at: 23.59.00

0 komentar:

Posting Komentar

Catatan: Hanya anggota dari blog ini yang dapat mengirim komentar.